Posted by : Unknown Sunday, November 24, 2013



https://sites.google.com/a/student.unsika.ac.id/hendra-aris/tugas/review-teknologi-dalam-film/pacific-rim

Sinopsis

Film yang disutradai oleh Guillermo del Toro ini menceritakan sebuah cerita ketika dunia diserang oleh monster monster yang disebut "Kaizu" yang muncul akibat terbukanya sebuah lubang yang menghubungkan dunia dengan planet lain, lubang ini berada didasar laut. untuk menghentikannya manusia menciptakan robot yang disebut "Jeagers" . Jeagers sendiri dikendalikan oleh dua orang manusia yang harus terhubung satu sama lain sarafnya untuk mengendalikan robot Jeagers itu. apakah manusia menang atas monster alien tersebut ? diakhir cerita jeagers yang kendalikan oleh Raleigh dan Mako berhasil menutup lubang alien itu. sungguh film yang sangat bagus untuk anda tonton.

Disini saya akan mereview beberapa teknologi yang ada dilm Pacific Rim ini diantaranya adalah :

  1. Computer Laser
    Di film ini komputer komputernya sudah berasal dari sebuah alat yang mengeluarkan beberapa cahaya laser yang terdiri dari beberapa warna dan memberikan output tampilan hologram layaknya seperti monitor pada komputer saat ini, selain itu cahaya ini dapat disentuh, digeser dan dibentuk menjadi tampilan 3D. sungguh sangat canggih komputer yang ada di film ini. kita bayangkan jika teknologi ini benar benar ada didunia nyata. kita tidak lagi butuh sebuah monitor, CPU keyboard, mouse dll. selain itu komputer laser ini menghemat tempat. hanya dengan 2 buah alat yang mengeluarkan cahaya laser dan disorotkan berhadap hadapan maka jadilah tampilan sebuah komputer canggih dihadapan kita.







  2. Jeagers
    Jeagers yang dalam bahasa jerman artinya robot ini adalah aktor utama dalam Pacific Rim. selain itu jeagers adalah salah satu teknologi luar biasa menurut saya. walaupun fiksi tetapi kita boleh berandai andai jika robot ini nyata. sungguh sangat luar biasa. jeagers sendiri dikendalikan oleh dua pilot yang menyatu dengan robot karena sistem syaraf mereka disatukan. jadi jika sang pilot berkeinginan mengangkat kaki, maka jeagers secara otomatis mengangkat kaki. ini sangat luar biasa. jeager sendiri berinti dikepalanya, karena tepat dibagian kepala adalah tempat dua pilot berada untuk mengatur sistem gerak jeagers ini. bahkan sang jeager utama yakni Gipsy menggunakan rektor nuklir sebagai sumber dayanya .











  3. Teknologi transfer otak
    di film ini ada salah satu teknologi yang menurut saya canggih, adanya sebuat alat untuk menghubungkan otak antara 2 pilot dengan Jeiger bahkan otak manusia dengan otak monster atau kaizu. dengan alat ini, sang professor dapat membaca isi otak dari Kaizu dengan cara masuk kedalam otaknya. ini sungguh hebat. jika teknologi benar benar ada di dunia nyata dapat dimanfaatkan untuk keperluan medis dan penyelidikan dikepolisian.







  4. Mediator Manusia dengan RobotDalam film ini Jeagers atau robot tidak dapat dikendalikan oleh 1 pilot karena terlalu besarnya muatan neural jika harus dibebankan pada 1 pilot, maka digunakan lah 2 pilot agar kekuatan neural pada robot terbagi kedua sumber manusia yaitu pilot itu sendiri. hal yang menarik adalah pakaian yang digunakan para pilot ini, pakaian ini adalah sebagai media penyalur syaraf antara 2 pilot dan jeager itu sendiri. jika jeager terkena serangan dilengan kanan maka pilot sebelah kanan juga terluka tepatnya di tangan kanannya, begitu sebaliknya. jadi dengan kata lain apa yang dirasakan robot otomatis dirasakan sang pilot juga.
  5. Senter pendeteksiDalam Film ini ada sebuah alat sederhana namun karena kecanggihannya yang membuat luar biasa. jika pada umumnya senter lampu hanya untuk menerangi jika gelap di film Pacific Rim senter ini dapat membaca simbol tersembunyi pada suatu tempat. sepertinya senter ini dilengkapi sinar laser agar dapat membaca sesuatu atau simbol rahasia.



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Pages

About us

Total Pageviews

Search

Popular Post

Blogger templates

Powered by Blogger.

- Copyright © Catatan Ngampus -