Posted by : Unknown Sunday, November 24, 2013


https://sites.google.com/a/student.unsika.ac.id/hendra-aris/tugas/review-teknologi-dalam-film/revolutions-os
 



Film ini menceritakan sebuah kisah perjalanan bagaimana terciptanya sebuah Revolusi di dunia Operating System, di film ini terdapat bantak kesaksian kesaksian dan wawancara dari sumber terpercaya langsung seperti Linus Torvalds, Revolusi OS sendiri di ciptakan oleh beberapa kelompok yang sebenarnya tidak pernah bertemu secara langsung tetapi mereka akrab melalui forum forum yang ada di internet. dan rata rata orang ini adalah orang yang anti terhadap license, maka mereka berpikir mengapa kita tidak membuat sebuah operating system yang tidak berlisensi atau freeware.

Pada awal film ini dijelaskan tentang pengertian dan bagaimana awal dari sebuah sistem operasi yang Open Source. Dalam film ini dijelaskan bahwa Open souce adalah cara orang berkolaborasi software tanpa harus terbebani oleh Hak Kekayan Intelktual HAKI. Tahun 1980-an merupakan awal mula gerakan Free software dan proyek GNU. Pendiri dari gerakan free software itu sendiri bernama Richard Stallman. Awalnya, beliau bergabung dengan MIT Artificial Intelegence Lab yang merupakan komunitas programmer. Sistem yang diciptakan pada saat beliau di MIT bernama “The Incompatible Time Sharing System”, sistem itu mendefinisikan seorng hacker.

Alasan dari dikembangkannya open source adalah karena kebanyakan user tidak tahu source code yang ada di softwarenya sehingga mereka tidak bisa mengembangkannya lagi. Akhirnya Stallman menulis point demi point tentang surat yang isinya tentang software berlisensi. Surat itu berjudul “ Surat Terbuka Terhadap Penggemar Komputer”. Hal ini lantas mendesak penggemar untuk membayar. Akhirnya Stallman mengembangkan perangkat lunak bebas yang disebut dengan GNU (GNU’s Not Unix), software ini mirip dengan Unix namun berbeda karena Unix mempunyai lisensi dan mereka membuat dan mulai menulis source codenya dari nol.

Film ini berisi wawancara terhadap petinggi pengembang sistem operasi, di antarany adalah Michael Tiemann, beliau membahas bagaimana ia bertemu Stallman pada tahun 1987, mendapat versi awal Stallman’s GCC , dan mendirikan Cygnus Solutions . Cygnus tersebut merupakan bisnis pertama yang menspesialisasikan diri sebagai free software.

Selain Michael Tieman ada Larry Augustin, beliau menggambarkan penggabungan GNU perangkat lunak dengan normal PC untuk membuat serupa Unix workstation yang harganya sepertiga harga sebuah Sun workstation meskipun itu dua kali lebih kuat. Dia menceritakan awal berurusan dengan pemodal ventura , akhirnya kapitalisasi dan komodifikasi Linux untuk perusahaan sendiri, VA Linux , dan yang IPO .

Torvalds menjelaskan pengembangan kernel Linux , di GNU / Linux kontroversi penamaan , lanjut evolusi Linux dan komersialisasi tersebut.

Brian Behlendorf, salah satu pengembang asli dari Apache HTTP Server , menjelaskan bagaimana dia mulai pertukaran patch untuk daemon Web-Server NCSA dengan pengembang lain dan bagaimana hal ini menyebabkan pelepasan webserver, Apache.

Film ini juga mendokumentasikan ruang lingkup skala penuh pertama- KTT LinuxWorld konferensi, dengan penampilan oleh Linus Torvalds dan Larry Augustin di panggung utama.

Perkembangan dari Linux itu sendiri adalah sebagai berikut:

- Tahun 1991 Linux versi 0,01 mempunyai 10.000 baris koda dan 1 user

- Tahun 1992 Linux versi 0,96 mempunyai 40.000 baris kode dan 1.000 user

- Tahun 1993 Linux versi 0,99 mempunyai 100.000 baris kode dan 20.000 user, saat itu mulai dibuat Apache we server.

- Tahun 1997 Linux versi 2,1 mempunayi 800.000 baris kode dan 3,5 juta user

- Tahun 1998 Linux versi 2,11 mempunyia 1,5 juta baris kode dan 7,5 juta user- Tahun 1999 Linux versi 2,2 mempunyai 12 juta user dan sampai sekarang semakin bertambah banyak pengguna Linux

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Pages

About us

Total Pageviews

Search

Popular Post

Blogger templates

Powered by Blogger.

- Copyright © Catatan Ngampus -