Posted by : Unknown Tuesday, December 24, 2013




Kali ini saya akan menjelaskan perangkat apa saja yang diperlukan untuk menghubungkan sebuah jaringan, sangat penting bagi kita untuk mengetahui perangkat apa saja yang diperlukan, bukan hanya menikmati internet nya saja kita juga harus mengetahui perangkat apa sih yang diperlukan. selain mengetahui kita juga harus tahu apa fungsinya. di postingan ini saya akan mencoba menjelaskan apa itu Hub, Switch, Router dan Repeater.






Hub merupakan perangkat jaringan komputer yang bekerja pada OSI layer 1 physical layer. Fungsinya sendiri hanya sebagai penyambung sentral saja, dan menguatkan sinyal (repeater) pada kabel UTP. Hub tidak mengenal MAC addressing atau physical address sehingga tidak bisa memilah data yang harus ditransmisikan. Pada saat ini hub sudah tergantikan oleh switch. Karena switch mempunyai kecepatan transfer lebih besar dari hub.




Switch
memiliki fungsi untuk menghubungkan beberapa HUB untuk membentuk jaringan yang ukurannya lebih besar atau menghubungkan komputer yang mempunyai bandwith yang lebih besar, dengan kata lain switch adalah HUB yang lebih baik. Sebuah switch mempunyai kecepatan transfer 10 sampai 1000 megabits persecond. Peran switch dalam jaringan komputer sangat penting, yaitu menajemen lalu lintas jaringan, mampu mengarahkan paket data ke tujuan yang benar.


Router
 
adalah salah satu perangkat jaringan yang digunakan untuk membagikan protocol kepada anggota jaringan yang lain. Jadi dengan router kita dapat di share kepada perangkat sentral yang lain. Router berfung. si sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). Ciri-ciri router adalah adanya fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) dan NAT (Network Address Translator).





Repeater
 
bekerja pada sistem physical layer model OSI, tugas utamanya adalah menerima satu sinyal dari kabel LAN atau wireless dan memancarkannya lagi ke kabel LAN atau wireless yang lain. Pada jaringan wireless, repeater diletakan didalam gedung-gedung yang tinggi atau menara pemancar sinyal. Hal tersebut bertujuan agar sinyal yang diterima dapat dipancarkan dan diterima dengan baik oleh perangkat sentral, radius gelombang yang dapat ditempuhnya juga semakin jauh.




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Pages

About us

Total Pageviews

Search

Popular Post

Blogger templates

Powered by Blogger.

- Copyright © Catatan Ngampus -