Posted by : Unknown Monday, December 16, 2013



Apakah kalian sadar bahwa setiap produk atau perusahaan memiliki logo yang berbeda beda ? nah hal ini pula berlaku kepada perusahaan perushaan sistem operasi, mereka memiliki logo yang berbeda beda dan tentunya memiliki historis dan latar belakang pada setiap logo yang digunakannya.
Kali ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa logo logo OS dari segi historis nya.


1. Linux 


Logo Linux sendiri cukup unik untuk anda ketahui, Linux berlogo seekor "pinguin" kenapa pinguin ? karena sang pencipta nya yaitu Linus Benedict Torvalds pernah dipatok oleh pinguin ketika berjalan jalan di sebuah kebun binatang. Linus berfikir kenapa Pinguin dijadikan logo sistem operasinya karena pinguin berbadan agak gemuk, bergerak santai namun sekali mematok orang akan menyebabkan demam hingga berhari hari. makanya linus terobsesi Linux akan tumbuh besar dan terkenal seperti saat sekarang ini. Linus berfikir posisi maskot pinguinnya akan seperti sedang istirahat, tersenyum dan berbadan agak besar. setelah diadakan pemilihan maka karya Larry Ewing lah yang terpilih sebagai maskot Linux seperti yang kita ketahui saat ini. Pinguin Maskot ini dapat anda sebut sebagai Tux, nama Tux sendiri di dapat dari Torvald + UniX = Tux .

2. Microsoft Windows

Seperti yang kita ketahui kata Windows dari bahasa inggris yang artinya Jendela. maka dari itu logo Windows sendiri berbentuk kotak kotak yang terbagi 4 persis seperti jendela. Logo Windows sendiri banyak mengalami perubahan mulai dari kotak yang berbatas hitam, kotak kotak yang berkibar layanknya bendera di windows Xp, Vista dan Windows 7. namun pada peluncuran Windows 8 logo kotak berkibar seperti bendera itu dirubah karena berbeda filosofi dasar Windows yang berarti jendela, karena jendela di dunia tidak berkibar layaknya bendera. maka dari itu di Windows 8 logo dibuat kembali menjadi sebuah jendela tanpa lekukan dalam perspektif kemiringan kecil. logo Jendela sendiri selama ini digambarkan Microsoft sebagai kumpulan aplikasi yang dipisahkan berdasarkan fungsi dan kegunaanya.

3. MacOS X


Mac OS X adalah sistem operasi besutan Apple Inc. "X" disini adalah angka romawi yang berarti "10" . ya Mac OS X adalah OS besutan Apple versi 10. Mac OS X adalah Sistem Operasi paling terbaru Apple dengan juga mempunyai beberapa versi dengan sebutan nama binatang.
seperti :        
-  V10.0 (Cheetah) 
-  V10.1 (Puma)
-  V10.2 (Jaguar)
-  V10.3 (Panther)
  -  V10.4 (Tiger)
  -  V10.5 (Leopard)
  -  V10.6 (Snow Leopard)
  -  V10.7 (Lion)
  -  V10.8 (Mountain Lion)
  -  V10.9 (Mavericks)
namun di masa depan rencananya Apple akan merilis versi OS X dengan nama lokasi California.


4. Ubuntu 

Logo Sistem Operasi ini cukup unik dan keren menurut saya, Ubuntu adalah salah satu sistem operasi Distro Linux yang memiliki logo bulat dan mempunyai tiga warna dasar yaitu merah, kuning dan Orange. logo ubuntu sendiri mengibaratkan 3 orang manusia yang sedang berpengan tangan sehingga membentuk sebuah lingkaran bulat. makna 3 warna di logo ubuntu sendiri adalah seolah olah warna ras orang yang sedang berpegangan tangan tersebut. ubuntu sendiri berasal dari bahasa afrika yang artinya kebersamaan.




5. Redhat Linux 

Redhat Linux memiliki logo yang menarik. Logo Redhat linux menggambarkan seseorang yang menggunakan Topi merah. Nama RedHat sendiri berasal dari penemunya yaitu Marc Ewing yang senang memakai topi merah pada saat masih kuliah di Universitas Carnegie Mellon. Logo Redhat sendiri memiliki kemisteriusan, hal ini disengaja oleh Marc agar para user tertarik untuk menggunakan Redhat.










6. Google Chrome OS 

Chrome OS adalah Sistem Operasi besutan Google, logo Chrome OS ini mirip dengan PokeBall dalam film pokemon yang berfungsi penampung para pokemon. Namun maksud Google bukan seperti itu logo Chrome OS ini digambarkan seperti sebuah mata yang melambangkan sebagai pandangan mengenai wawasan dan pengetahuan. Chrome ini memiliki warna identik google yaitu Merah, kuning, hijau dan Biru . 




7. OpenSUSE 

Sistem operasi berbasis Linux buatan Novell ini menggunakan seekor bunglon berwarna hijau sebagai logonya. Bunglon dengan nama Geeko di gunakan sebagai maskot sejak awal keberadaan OS ini yang di desain oleh beberapa peserta pada kompetisi membuat desain logo OpenSUSE. Geeko merupakan plesetan dari geek, seekor kadal kecil yang biasa hidup di iklam hangat. Pengertian geek disini di gambarkan sebagai seorang yang peduli dengan teknologo open source.

8. Solaris 

Arti nama Solaris berasal dari bahasa Yunani yang artinya matahari, sesuai dengan logo berlambang matahari, yang sebelumnya dikenal sebagai Sun Solaris merupakan sebuah sistem operasi keluarga Unix yang sebelumnya dikembangkan oleh Sun Microsystems Inc. Sun Microsystem menggantikan Sun OS sebelumnya yang telah ada pada tahun 1993. Setelah proses akuisisi Sun oleh Oracle pada bulan januari 2010, Solaris menjadi lebih dikenal sebagai Oracle Solaris. Sistem operasi Solaris dikenal secara luas karena skalabilitas yang dimilikinya, utamanya pada sistem komputer berbasis SPARC, dan sejumlah fitur-fitur inovatif yang dibawanya seperti DTrace, ZFS (Zettabyte File System), dan Time Slider. Sistem operasi ini dapat dijalankan di atas prosesor x86 baik 32bit atau 64bit (berbasis instruksi Amd64), serta prosesor SPARC baik yang diproduksi oleh Sun ataupun Fujitsu. Solaris terdaftar sebagai sistem operasi yang kompatibel dan memenuhi spesifikasi Single Unix Specification.

9. Android 
Nah ini dia Sistem Operasi yang sedang Booming saat ini, Ya Android. Logo Android adalah berbentuk robot hijau yang memiliki dua antena di kepalanya. Logo dan nama android sendiri terinspirasi dari sebuah Games Gauntlet yang terdapat karakter bernama Android. bentuknya hampir sama namun berbeda dari segi warna. Android sendiri kenapa berwarna hijau melambangkan bahwa Android seperti tumbuhan yang akan tumbuh berkembang seiring dengan berjalannya waktu sedangkan Dua Antena di kepala melambangkan sebagai kemampuan Android yang memiliki jaringan yang luas dan pengelolaan data dengan baik.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Pages

About us

Total Pageviews

Search

Popular Post

Blogger templates

Powered by Blogger.

- Copyright © Catatan Ngampus -