Posted by : Unknown Sunday, November 24, 2013


https://sites.google.com/a/student.unsika.ac.id/hendra-aris/tugas/review-teknologi-dalam-film/echelon-conspiracy

Sinopsis : 

Film yang disutradai oleh Greg Marcks ini menceritakan sebuah kisah tentang sebuah handphone misterius yang membawa keberuntungan dan juga kesialan. adalah Max Peterson seorang teknisi penginstal sistem BIOS dan juga warga AS yang sedang tugas di bangkok, dia dikirimi sebuah handphone canggih nan misterius ke hotel ia menginap. ternyata handphone itu dikirimi sebuah sms sms yang berisi perintah yang kemudian menjadi kenyataan. sebenarnya siapa yang mengirimi perintah sms itu ? dan apa motifnya ? ternyata sms sms itu dikirim oleh echelon yang dimanfaatkan oleh pimpinan NSA yang dendam karena rencananya membuat sebuah komputer pengumpul informasi global, lalu digagalkan oleh kongres atau dengan kata lain tidak disetujui. tetapi rencananya itu digagalkan oleh seorang pengusaha perjudian di Praha yang merasa kecolongan uang sebesar 3juta dolar dalam semalam. melalui anak buahnya Reed yang juga mantan anggota NSA dan juga Max Peterson yang berhasil mematikan sistem echelon.

Namun disini saya akan memaparkan teknologi apa saja yang ada di film Echelon Conspiracy ini  :

  1. Echelon
        
    Echelon adalah sentral komputer milik NSA yang berfungsi sebagai penyaring informasi global melalui teknologi teknologi yang sehari hari kita gunakan, echelon sendiri diceritakan di film ini dapat mengenali wajah kita melalui webcam, mengetahui keberadaan kita melalui CCTV keamanan, dapat mengetahui sms, telepon, email dan lain sebagainya. Echelon ini benar benar super komputer yang dibuat NSA untuk mengetahui semua identitas dan informasi seluruh manusia di dunia ini. jika teknologi ini benar benar ada di dunia nyata berarti privasi kita sebagai manusia selama ini diketahui dan dipantau oleh NSA ? sungguh ini sangat merugikan kita sebagai user yang tidak bisa lepas dari teknologi seperti handphone, laptop dan lain lain .
  2. GZT-650
        
     
    GZT-650 adalah handphone yang di film ini digunakan sebagai media penerima perintah perintah dari echelon. handphone ini berbentuk seperti kaca yang tembus pandang, sungguh sangat canggih bila dibanding dengan handphone atau smartphone yang ada sekarang. ketika belum dinyalakan handphone ini tembus pandang layaknya kaca biasa tetapi ketika dipegang oleh tangan kita maka handphone ini menampilkan permukaan tangan kita alias tembus pandang. handphone ini kelihatan tipis dan ringan, serta simple dalam segi bentuk. bahkan penjaga kasino perjudian juga tertipu dengan bentuk handphone ini, ia mengira benda yang ditunjukan peterson bukanlah sebuah handphone melainkan sebuah kaca. sungguh menajbukan, saya berharap handphone ini benar benar ada bukan hanya ada di film ! :D


  3. Pembaca Sim Card
          Di film ini ada salah satu teknologi yang menarik perhatian saya, adalah alat seperti konverter yang berfungsi memindahkan seluruh data dan informasi dari sebuah sim card telepon ke sebuah flash disk. alat ini memiliki kecepatan transfer yang cepat. sungguh sangat canggih menurut saya teknologi konverter ini.








  4. Bluetooth Headset 
    Di film ini Peterson meminta bantuan yuri untuk bagaimana caranya agar dia dapat membaca sebuah pesan dari handphone tanpa perlu mengeluarkan dan melihat layar handphone tersebut. akhirnya yuri memberikan sebuah headset bluetooth yang dapat merubah pesan teks menjadi suara. jadi ketika sms datang secara otomatis pesan teks ini dikirimkan lewat bluetooth kemudian merubahnya menjadi gelombang suara. teknologi ini belum ada di dunia nyata, tapi semoga di kemudian hari ada dan terealisaskian ! it's truly amazing ! :D






  5. Sistem Pelacak 

    Di Film ini ada sistem pelacak yang terintegrasi dengan beberapa komputer melalui satelit yang bertugas untuk melacak sinyal dimana pesan itu dikirim, alat ini milik NSA untuk mengetahui darimana sebenarnya sms sms itu berasal. dengan teknologi yang didukung oleh sistem satelit, akhirnya pengirim sms misterius itupun diketahui. kalo menurut saya teknologi ini seperti GPS pada smartphone kita. namun lebih canggih karena dapat mendeteksi sinyal dimana pesan itu berasal.
  6. CCTV
    Teknologi CCTV sudah tidak asing lagi saat ini, teknologi ini mempunyai fungsi yang sangat berguna bagi keamanan. CCTV dapat memantau dan merekam kejadian yang tidak dapat terus kita pantau. hasil rekaman atau yang dilihat CCTV akan ditampilkan kesebuah monitor sebagai media kita untuk memonitoring kejadian yang tidak kita lihat. CCTV sendiri banyak dimanfaatkan untuk keamanan dan sangat membantu sebagai sumber bukti ketika tidak ada saksi yang melihat sebuah bentuk kriminalitas seperti pencurian, pembunuhan dll.






Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Pages

About us

Total Pageviews

Search

Popular Post

Blogger templates

Powered by Blogger.

- Copyright © Catatan Ngampus -