Posted by : Unknown Saturday, November 16, 2013

Quiz 1

I. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang teknologi Input / Output


1. DVORAK, QWERTY

Jawaban : 
  • DVORAK adalah sebuah tata letak atau penyusunan sebuah tombol - tombol pada keyboard yang ditemukan oleh Profesor dan psikolog dari university of washington yaitu August Dvorak dan William Dealey. Dvorak  ini adalah tata letak keyboard untuk menandingi tata letak keyboard sebelumnya yaitu QWERTY, sayangnya Dvorak  gagal menandingi tata letak QWERTY. meskipun gagal, Dvorak tetap didukung oleh semua sistem operasi dengan menyertakan pilihan akses tata letak ini selain tata letak QWERTY. berikut adalah gambar keyboard Dvorak :




Sumber : Wikipedia



  • QWERTY adalah sebuah tata letak pada keyboard kebanyakan yang ada saat ini, keyboard QWERTY diciptakan untuk menimilasir kemacetan mekanis akibat kecepatan mengetik, maka dari itu susunan keyboard diciptakan secara acak agar kemacetan mekanik tidak terjadi lagi. QWERTY ini dipatenkan pada tahun 1874 oleh Christoper Sholes dan dijual ke produsen mesin ketik mekanis saat itu yaitu E. Remington. kenapa dinamakan QWERTY ? karena 6 tata letak tombol paling atas berurutan huruf : Q, W, E. R, T dan Y .
    berikut adalah gambar keyboard QWERTY : 



Sumber : Wikipedia

2. OCR, DMR, OpScan
Jawaban :
  • OCR (Optical Character Recognition) adalah teknologi yang dapat mengidentifikasi teks dari hasil tulisan tangan atau sebuah gambar dengan cara di Scan sehingga dapat dimanipulasi, dicari bahkan diterjemahkan secara otomatis.

      Sumber : skill.co.id


  • DMR (Digital Mark Reader) adalah teknologi pengembangan dari Optical Mark Recognition. hebatnya teknologi ini ditemukan dan dikembangkan oleh putra indonesia tepatnya dari ITB dengan ketua Prof. Dr.Ing.Ir. Iping Supriana. DMR ini membantu pekerjaan dalam pemeriksaan hasil ujian, seleksi masuk perguruan tinggi maupun lembaga pendidikan lain. jika di teknologi OMR harus menggunakan pensil 2B dalam mengisi form ujian, DMR tidak perlu lagi, anda dapat mengisi dengan spidol, pulpen pensil biasa dll. selain itu DMR menghemat dari segi operasional seperti kertas LJK dpt dengan kertas fotocopyan, atau kertas yg dihasilkan printer biasa dll.

    Sumber : itb.ac.id

  • OpScan adalah alat Scanner yang memiliki teknologi OMR (Optical Mark Reader), OpScan banyak digunakan oleh institusi pendidikan dalam mengkoreksi hasil ujian, tryout, penerimaan siswa baru dll. OpScan memiliki standar tersendiri dalam melakukan proses pemindaian data yaitu LJK dengan format tertentu dan pensil 2B. belakangan ini OpScan berteknologi OMR mulai banyak ditinggalkan seiring dengan ditemukannya teknologi DMR oleh tim dari universitas ITB.

    Sumber : qpc-center
     

3. OMR
        Jawaban :
  • OMR (Optical Mark Reader) adalah teknologi untuk membaca sebuah tanda pada sebuah formulir khusu atau yang sering disebut lembar kerja komputer (LJK) lalu dihasilkan berupa file teks dan gambar yang dapat dibaca pada komputer.

4. MICR
        Jawaban :

  • MICR (Magnetic Ink Character Recognition) adalah teknologi pada tinta, biasanya digunakan untuk mencetak dokumen penting seperti ijazah, dokumen negara dll. dengan tinta khusus ini, dokumen yang dipalsukan akan teridentifikasi. karena jika dokumen yang dicetak dengan menggunakan teknologi MICR memiliki kode magnet tersendiri dan sensitif terhadap medan magnet sehingga pemalsuan dokumen akan mudah teridentifikasi.

5. RFID
        Jawaban :

  • RFID (Radio Frecueny Identification) adalah metode untuk mengidentifikasi sesuatu dengan cara memasang atau memasukkan label RFID (transporder). tansporder ini dapat disimpan di sebuah produk, hewan bahkan manusia. dengan teknologi ini anda dapat mengidentifikasi hingga beberapa jauh meter . teknologi ini lebih baik daripada sistem barcode yang jarak penggunaannya dipindai secara dekat.

    Sumber : Wikipedia 
6. ASR
        Jawaban :


  • ASR (Automatic Speech Recognition) adalah sebuah teknologi yang dapat mengenali sebuah ucapan yang dapat dipahami oleh sebuah komputer. prinsip kerjanya gelombang suara diubah menjadi sinyal digital yang berupa angka - angka kemudian di cocokan dengan kode kode tertentu yang ada pada database komputer tersebut. kemudian kode kode itu ditampilkan sebagai perintah atau komando untuk melakukan sebuah pekerjaan .


Sumber : Wikipedia 

7. CCD       Jawaban : 

  • CCD (Charge Couple Device) adalah sebuah alat sensor yang digunakan untuk merekam gambar. teknologi ini bermanfaat untuk foto digital maupun dalam bidang astronomi. CCD terintegasi dari beberapa kondesator yang saling berpasangan, dibawah kendali sirkuit bagian luar, kondesator tersebut dapat menyalurkan listrik satu sama lain.

    Sumber : Wikipedia 
8. CGA, EGA, VGA, XGA, SXGA, UXGA
        Jawaban :

  • CGA (Color Graphic Adapter) adalah kartu grafik pertama yang memiliki memori 16kb saja dan memiliki ketilitan maximal 640 x 200 pixel dan 16 warna. tetapi pada kenyataan nya CGA ini hanya dapat menampilkan grafik 320 x 200 pixel dan 4 warna saja. CGA diproduksi pertama kali oleh IBM pada tahun 1981
    Sumber : Wikipedia

  • EGA (Enhanced Graphics Adaptor) adalah teknologi pengembangan dari grafik sebelumnya. EGA mampu menampilkan 16 warna dalam model grafik, setingkat tetapi di atas monitor CGA. Monitor dengan card EGA mampu menampilkan 16 warna pada bentuk teks (80 x 25 karakter atau 40 x 25 karakter), 16 warna pada bentuk resolusi rendah dan 4 warna pada resolusi tinggi dan tampilan grafik 640 x 350 titik.

    Sumber : Wikipedia
  • VGA (Video Graphic Array) adalah teknologi grafis yang berfungsi sebagai akselelator output dari komputer ke monitor yang mengubah sinyal digital ke tampilan grafis pada monitor. , VGA sendiri dikeluarkan pertama kali oleh IBM. VGA card telah banyak dikembangkan antara lain VGA 3D untuk keperluan desain grafis dan bermain games.

    Sumber : Wikipedia
  • XGA (eXtended Graphic array) adalah Teknologi grafis yang diperkenalkan IBX pada tahun 1990, XGA sendiri mempunyai dua versi, XGA generasi pertama memiliki resolusi 640 x 480 dengan 16 bit per pixels (65,536 warna) dan resolusi 1024 x 768 pixels dengan 256 warna. Sedangakan XGA generasi kedua memiliki 24 Bit dengan ditambahkan nya mode resolusi 800 x 600 pixels
    Sumber : Wikipedia

  • SXGA (Super Extended Graphic Array) adalah teknologi grafis tinggi yang memiliki resolusi 1280 x 1024 pixel dengan memiliki kemampuan menampilan 1,6 juta warna, SXGA sendiri biasanya cocok untuk LCD monitor berukuran 17" dan 19".  Monitor LCD dengan resolusi native SXGA biasanya akan memiliki rasio aspek 5:4 fisik, menjaga aspek rasio 1:1 pixel.

    Sumber : Wikipedia
  • UXGA (Ultra eXtended Graphic Array) adalah teknologi grafis yang mengacu pada resolusi monitor standar 1600 x 1200 pixels (Total 1,9 juta pixels). dulu UXGA digunakan pada monitor 15" atau lebih tetapi sekarang UXGA sendiri digunakan pada layar monitor berukuran 20" hingga 21,3" . di laptop 14" sendiri telah diterapkan UXGA namun sangat jarang.

    Sumber : Wikipedia
9. Omnidirecional, Unidirectional, Noise Canceling, Echo Canceling
        Jawaban :

  • Omnidirectional adalah teknologi yang dapat mengirim dan menerima dari segala arah, misalnya sinyal pada antena Omnidirectional, suara pada microphone omnidirectioanl bahkan cahaya pada lampu senter sekalipun menggunakan teknologi ini agar cahaya tidak selalu pada satu titik tapi menyebar ke segala arah .

    Sumber : Wikipedia
  • Unidirectional adalah teknologi yang dapat mengirim dan menerima hanya pada satu arah, misalnya suara pada microphone unidirenctional, sinyal dan lain lain.

    Sumber : Wikipedia
  • Noise Canceling adalah teknologi pada headphone untuk mengurangi tingkat kebisingan disekitar kita, misalnya ketika dalam pesawat, jika menggunakan teknologi ini kebisingan dalam penerbangan bisa berkurang.


    Sumber : Wikipedia

  • Echo Canceling adalah teknologi untuk menghapus atau mengurangi gema pada saat kita menerima telepon atau saat menelpon, dengan teknologi ini kualitas suara yang kita terima akan lebih baik.

    Sumber : Wikipedia

10. THX, DDS, DTS
        Jawaban :


  • THX berasal dari nama pengembangnya yaitu Tomlinson Holman di perusahaan George Lucas, lalu Tomlinson Holman membuat perusahaan dengan initial "X" untuk "Crossover" jadilah THX. THX adalah teknologi untuk memberikan kualitas suara tinggi pada pemutaran film, dengan teknologi ini suara yang dihasilkan saat pemutaran film akan terdengar dekat dan jelas seperti aslinya.

    Sumber : Wikipedia
  • DDS (Dynamic Digital Sound) karena di produksi oleh Sony maka lebih dikenal dengan SSDS (Sony Dynamic Digital Sound) adalah teknologi digital suara yang memiliki 6 atau 8 saluran suara dan mempunyai tanggung jawab dalam memproses suara sepenuhnya dalam domain digital, melewati setiap prosesor analog yang ada, menjaga kejelasan dan menyediakan jangkauan dinamis penuh.
    Sumber : Wikipedia
  • DTS (Digital Theater Sound) adalah teknologi yang memiliki 6 kanal suara dalam ratio 5:1 , semakin kecil ratio maka kualitas suara yang dihasilkan teknologi ini akan lebih natural .
    Sumber : Wikipedia

11. Passive Matrix dan Active Matrix
        Jawaban :

  • Passive Matrix adalah sebuah layar yang memanfaatkan grid (jaringan listrik) logam konduktif untuk mengaktifkan setiap pixel yang ditampilkan, Passive Matrix lebih murah daripada Active Matrix karena respon passive matrix lebih lambat dan tidak akurat dalam mereproduksi warna

  • Active Matrix adalah sebuah layar yang di lengkapi transistor film tipis atau TFT yang mengatur kapasitor kecil dan transistor pada sebuah layar monitor. dengan active matrix ini anda memiliki keluasan tampilan dari sudut manapun dan menampilkan layar yang tajam dan jelas.

12. Dotmatrix, bubblejet, deskjet, impact, ink-jet, laser
            Jawaban :


  • Dot matrix adalah jenis printer yang menghasilkan cetak resolusi rendah, hasil cetakannya terlihat seperti titik titik yang saling bersambungan. printer jenis ini jika sedang bekerja mengeluarkan suara yang bising.

  • Bubblejet adalah  jenis printer yang dikembangkan oleh canon. bubble jet ini mempunyai kemampuan cetak untuk monochrome sebanyak 22 paper per menit dan 14 paper per menit untuk berwarna. tidak hanya kertas A4 saja tetapi sudah bisa mencetak pada kertas A3. Bubble jet ini mempunyai stochastic atau penyaring FM yang memberikan hasil cetak baik dalam gambaran - gambaran fotografis.
  • Deskjet adalah adalah nama brand dari printer inkjet keluaran Hewlett-Packard (HP), jadi deskjet hanya nama sebuah nama keluaran HP teknologi tintanya menggunakan inkjet.

    Sumber : Wikipedia

  • Impact adalah teknologi Printer yang cara kerja cetaknya dengan cara memukul atau menekan pita sehingga menghasilkan titik.

  • Inkjet adalah mekanisme printer yang cara kerjanya menyemprotkan tinta menggunakan muatan listrik langsung pada kertas, dengan inkjet ini kualitas cetak lebih cepat dan tidak memerlukan biaya tinggi. namun dalam hal pemeliharaan inkjet lebih mahal karena harus isi ulang tinta atau mengganti cartidge.

    Sumber : Wikipedia
  • Laser adalah jenis printer yang menggunakan tinta kering (toner), listrik statis dan Panas . Cara kerja printer ini hampir sama dengan mesin fotocopy, perbedaanya pada mesin fotocopy bayangannya difokuskan pada silinder yang berputar, sedangkan laser printer bayangannya diciptakan dengan titik per titik oleh semiconductor laser. Kualitas tulisan laser hampir sama dengan letter quality karena 1cm terdiri dari 750 titik-titik. Kecepatan mencetaknya adalah 8 halaman permenit .

    Sumber : Wikipedia
13. LCD, EL. Plasma, CRT
        Jawaban :


  • LCD (Liquid Crystal Display) adalah teknologi pada monitor yang menggunakan kristal cair untuk memantulkan cahaya, kristal cair ini tidak memiliki kemampuan memancarkan cahaya sendiri tetapi sumber cahayanya adalah terdapat pada lampu neon berwarna putih yang berada pada bagian belakang kristal cair itu sendiri.

 Sumber : Wikipedia
  • EL (Electroluminescence) adalah teknologi panel layar datar yang terdiri material yang akan bercahaya jika dialiri arus listrik. cahaya ditampilkan akan terasa lebih nyata dan dekat dan konsumsi litrik yang lebih rendah. contoh billboards campaign di canada






    Sumber : Wikipedia
  • Plasma adalah teknologi layar datar yang berukuran besar, teknologi ini memanfaatkan sel kecil berisi gas yang sudah terionisasi aliran listrik maka dari itu disebutlah plasma.


    Sumber : Wikipedia
  • CRT (Cathode Ray Tube) atau tabung sinar katoda ini bisa kita temukan pada monitor yang cembung kebelakang, CRT ini terdiri dari elektron dan lampu neon untuk menampilkan cahaya . namun CRT ini sudah semakin ditinggalkan karena digantikan oleh teknologi LCD.


  

Sumber : Wikipedia


II. Jelaskan apa yang anda pahami tentang teknologi Processor

1. SSE, SSE2, SSE3
        Jawaban :

  • SSE (Streaming SIMD Extension) adalah tambahan intruksi microprocessor yang dibuat oleh intel, pada saat peluncuran pentium III, SSE generasi pertama ini mempunyai 70 instruksi baru untuk grafis dan suara yang lebih baik daripada MMx

    Sumber : Wikipedia
  • SSE2 adalah Streaming SIMD Extension generasi kedua yang diperkenalkan Intel pada saat peluncuran Pentium 4, SSE2 sendiri mempunyai 144 Intruksi tambahan yang memperbaiki kinerja generasi sebelumnya yaitu SSE dan MMX .

    Sumber : Wikipedia
  • SSE 3 adalah Streaming SIMD Extension generasi ketiga yang diperkenalkan Intel saat peluncuran Pentium 4 seri Prescott. SSE 3 sendiri mempunyai 13 intruksi baru yang tentunya lebih baik dari SSE2, SSE maupun MMX. diantara instruksi tersebut adalah SIMD yang membantu pemrosesan matemaatika kompleks, grafik, pengolahan video dan Sinkronisasi Thread.

    Sumber : Wikipedia
2. 3DNow!        Jawaban :
  • 3DNow! adalah set intruksi milik AMD yang diproyeksikan sebagai saingan dan pilihan alternatif dari SSE milik intel. 3DNow! sendiri diluncurkan terlebih dahulu sebelum intel merilis pentium III. 3DNow! ditanamkan AMD pada produk AMD K6


    Sumber : Wikipedia
3. NXbit
        Jawaban :


  • NXbit adalah teknologi pada processor yang bertugas untuk memisahkan sebuah cadangan memori untuk penyimpanan data, biasanya tempat penyimpanan data ini menjadi celah malware menyisipkan kode kodenya, dengan adanya teknologi NXbit ini maka hal itu dapat dicegah dan diantisipasi.

4. PowerNow!        Jawaban :
  • PowerNow! adalah teknologi yang digunakan AMD untuk mengurangi konsumsi daya ketika processor dalam keadaan idle, dengan teknologi ini tingkat kebisingan pada kipas juga akan berkurang dan dapat memperpanjang umur processor.
5. Cool'n'Quiet
        Jawaban :

  • Cool'n'Quiet yang berarti dingin dan tenang adalah teknologi yang digunakan AMD dengan bertujuan agar menghemat daya listrik atau battery, dengan teknologi ini saat laptop atau komputer pada keadaan tidak digunakan maka penurunan clock voltase akan berkurang, selain itu mengurangi panas pada processor dan juga mengurangi tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh fan .

6. Hyper-Threading        Jawaban :
  • Hyper-Threading adalah salah satu teknologi intel yang berfungsi ketika kita membuka banyak aplikasi secara bersamaan, dengan teknologi ini processor masih terasa cepat karena tugas dibagi kepada masing-masing core sehingga lebih efisien.


    Sumber :Intel
7. Dual Core        Jawaban :
  • Dual Core atau 2 inti ganda diibaratkan 2 otak, dengan teknologi ini tugas yang dikerjakan oleh processor akan lebih cepat karena dilakukan oleh 2 otak atau dual core, ibaratnya ketika kita dalam melakukan sesuatu kalau dilakukan oleh 2 orang maka akan cepat selesai. hal ini sama dengan teknologi dual core yang berimbas walaupun kita membuka banyak aplikasi maka kinerja processor akan tetap stabil dan cepat.


    Sumber : Wikipedia
8. Speedstep        Jawaban : 
  • Speedstep adalah teknologi pada processor AMD yang bertugas untuk menghemat daya ketika PC sedang tidak digunakan atau dalam keadaan idle. teknologi ini sama halnya dengan teknologi AMD lainnya yaitu PoweNow! dan Coll'n'Quite .

9. Hyper Transport        Jawaban :
  • Hyper Transport adalah teknologi pada processor yang memiliki dua arah untuk mentransmisikan data yaitu secara serial dan paralel yang menyebabkan kinerja processor dapat bekerja penuh untuk keperluan Overlocking.


    Sumber : Wikipedia
10. MMX        Jawaban :
  • MMX memiliki beberapa singkatan atau biasa disebut Multimedia Extension, Matrix Math Extension. Murtiple Math Extension. tetapi penciptanya intel menganggap nama MMx bukanlah sebuah singkatan. Teknologi MMX adalah sebuah ekstensi Microprocessor yang bertugas untuk membantu proses perhitungan pada beberapa aplikasi, terutama aplikasi berbasis multimedia baik 2D dan 3D, games dan aplikasi aplikasi lain yang membutuhkan banyak perhitungan.

    Sumber : Wikipedia


III. Jelaskan type Bus pada Personal Computer dibawah ini :



1. ISA
Jawaban : 
  • ISA (Insdustry Standard Architecture) adalah teknologi arsitektur bus yang diluncurkan IBM pada tahun 1981 untuk 8 Bit dan tahun 1984 untuk 16 Bit . Isa merupakan standar Bus yang digunakan pada komputer saat itu sebelum digantikan oleh PCI .
    Sumber : Wikipedia
2. EISA
        Jawaban :
  • EISA (Extended / Enhanched Industry Standard Architecture) adalah sebuah bus I/O untuk menandingi bus MCA dari IBM yang akan hendak di lisensi oleh IBM sehingga pengguna harus membayar royalti. EISA sendiri adalah pelopor "Plug and Play" waluapun masih primitif . EISA dapat menangani data hingga 32 bit pada kecepatan 8,33 mhz sehingga kecepatan rate maksimum adala 33 mbps .

    Sumber : Wikipedia
3. VL BUS            Jawaban :
  • VL BUS (Vesa Local Bus) atau biasa disebut VLB adalah sebuah slot bus peripheral yang dirancang untuk mngatasi masalah bandwith pada bus ISA . VLB umumnya digunakan pada komputer dengan motherboard 486 . VLB menyadiakan jalur berkecepatan tinggi diantara CPU dan Peripheral baik itu video, disk dll . VLB berjalan pada 32 bit yang medukung bus mastering dan kecepatannya hingga 40 MHz . 


Sumber :Pcmag


4. PCI


            Jawaban :
  • PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah slot yang diciptakan untuk menggantikan ISA/EISA yang sangat lamban, PCI diluncurkan pada tahun 1992. sejak peluncurannya PCI sampai sekarang masih tetap digunakan. dengan generasi terbarunya PCI express. PCI adalah slot atau tempat untuk menyimpan soundcard, lan card dll .


Sumber : Wikipedia
5. AGP
        Jawaban :
  • AGP (Accelerated Graphics Port) adalah sebuah bus yang dikhusukan untuk kartu grafis berkinerja tinggi. AGP sebenarnya dibuat berdasarkan bus PCI, namun AGP ini memliki kemampuan lebih baik dari PCI. AGP ini sistem kerjanya mengijinkan kartu grafis mengakses langsung memori RAM sehingga kecepatan akses meningkat secara signifikan .


Sumber : Wikipedia

6. FireWire
        Jawaban :
  • FireWire adalah kabel data yang memiliki kecepatan transfer sangat cepat (real time) dan stabil dibanding kabel lain seperti USB, FireWire adalah merk dagang milik Apple. kecepatan transfer fireware sampai 800 mbps, dimasa depan Apple merencanakan FireWire memiliki kecepatan 3.2 Giga byte Per seconnds (Gbps).


Sumber : Wikipedia
7. USB
        Jawaban :
  • USB (Universal Serial Bus) adalah slot bus standar untuk perangkat hubung yang biasa kita gunakan. pada dasarnya USB terdapat hanya dikomputer tetapi saat ini USB terdapat di alat elektronik lain seperti konsol game, tv dll . USB terbaru adalah USB 3 . kecepatan transfer USB 3 adala 400 mbps.


Sumber : Wikipedia
8. PCI-Express
        Jawaban :
  • PCI-Express adalah adalah slot expansi modul terbaru untuk menggantikan seri sebelumnya yaitu PCI. jika di PCI biasa menggunakan sistem komunikasi paralel, di PCI-Express menggunakan sistem Serial yang memiliki kemampuan 2x (baca/tulis) dalam satu rute clock. hal ini membuat PCI Express lebih cepat dalam hal mentransfer data. ini menguntungkan anda yang sering membuat grafik 3D.

    Sumber : Wikipedia


IV. Jelaskan Teknologi Komputer :


1. Komputasi Awan

Jawaban : 
  • Komputasi Awan atau dalam bahasa inggirs Cloud Computing adalah sebuah ungkapan dari konsep penggabungan alat komputasi yang berbeda - beda yang terhubunng pada satu jaringan komunikasi real time (Internet). jadi komputasi awan ini memerlukan koneksi internet dalam penggunaanya, data data yang kita simpan di komputasi awan akan tersimpan secara permanen di server dan sementara pada komputer kita. pada saat ini komputasi awan sangat berguna bagi anda yang ingin mengakses data dimanapun anda berada dalam gadget yang berbeda beda pula. jadi tidak ada lagi yang namanya lupa data tidak terbawa, flashdisk ketinggalan dirumah. dengan komputasi awan ini semua problem tersebut terselesaikan.


Sumber : chip.co.id
2. Computer Hijau 
Jawaban : 
  • Computer Hijau atau dalam bahasa inggris Green Computing adalah teknologi yang ramah lingkungan maksudnya disini adalah pengurangan bahan-bahan berbahaya yang merugikan pengguna dalam hal ini manusia dalam pembuatan komputer, memaksimalkan efisiensi energi selama komputer itu digunakan (hemat daya listrik) dan mudah untuk didaur ulang .


Sumber : Wikipedia

3. Komputasi Kuantum
Jawaban : 
  • Komputasi Kuantum adalah komputer masa depan yang sedang dalam pengembangan, belum ditemukan algoritma yang tepat untuk membuat teknologi ini. sampai saat ini baru ada dua algoritma yang dapat berjalan pada konsep kuantum yaitu algoritma shor dan algoritma grover. jika teknologi ini sudah dapat diproduksi untuk keperluan militer / keamanan negara dan keperluan masyarakat, komputer kuantum ini dipercaya akan lebih cepat dalam hal menyelesaikan masalah dibanding komputer klasik yang ada saat ini. karena dalam komputasi kuantum nanti penghitungan data buka bit lagi melainkan diganti menjadi qubit. 


Sumber : Wikipedia
4. Komputasi Optik
Jawaban : 
  • Komputasi Optik adalah komputasi yang menggunakan cahaya sebagai sumber dayanya, tidak lagi memakai arus listrik untuk menghidupkan komputer. cahaya merupakan zat yang lebih cepat dibandingkan listrik. jaringan serat optik yang menggunakan fiber Glass setipis rambut dapat memindahkan informasi 3.000 kali lebih cepat dibandingkan jaringan konvensional saat ini.


Sumber : Wikipedia
5. Komputasi DNA
Jawaban : 
  • Komputasi DNA adalah suatu bentuk komputasi yang menggunakan DNA, biokimia dan biologi molekuler. Komputasi DNA pada dasarnya mirip dengan komputasi paralel dalam hal mengambil keuntungan dari beberapa molekul DNA yang berbeda, sekaligus untuk mencoba berbagai kemungkinan. Komputasi DNA juga menawarkan konsumsi daya yang jauh lebih rendah dari komputer silikon tradisional. 


Sumber : Wikipedia
6. Komputasi Paralel
Jawaban : 
  • Komputasi Paralel adalah salah satu teknik komputasi yang memanfaatkan beberapa komputer secara bersamaan, biasanya dilakukan karena jumlah data yang besar ataupun karena tuntutan komputasi yang banyak. komputer komputer ini dihubungkan dalam satu jaringan, untuk mengatur komputasi paralel ini harus mempunyai perangkat lunak pendukung yang disebut middleware untuk mengatur distribusi data .


Sumber : Wikipedia
7. Komputasi Vektor
Jawaban : 
  • Komputasi Vektor adalah pemanfaatan ilmu matematika dalam bidang komputasi, banyak komponen atau software komputer yang menggunakan konsep vektor ini contohnya vektor C++,  Vector monitor, Vector Processor, Grafis Vector dll.
    Sumber : Wikipedia


V. Jelaskan teknologi Port I/O dibawah ini :


1. COM 

Jawaban : 
  • COM (Communication Port) adalah port yang pertama dan kompatible dengan komputer keluaran IBM pada tahun 1980an dan 1990an yang notabene hanya memiliki satu atau dua port saja . COM adalah port yang tidak hanya berupa port fisik namun termasuk port virtual.


Sumber : Wikipedia
2. Port Paralel
Jawaban : 
  • Port Paralel adalah port jenis lama yang mempunyai 25 pin yang berfungsi untuk menghubungkan alat pencetak seperti printer, scanner dan lain lain .
Sumber : Wikipedia

3. Port USB
Jawaban : 
  • Port USB adalah Port bus standar untuk perangkat hubung yang biasa kita gunakan. pada dasarnya USB terdapat hanya dikomputer tetapi saat ini USB terdapat di alat elektronik lain seperti konsol game, tv dll . USB terbaru adalah USB 3 . kecepatan transfer USB 3 adala 400 mbps.


Sumber : Wikipedia
4. SCSI
Jawaban : 
  • SCSI (Small Computer System Interface) adalah set standar untuk menghubungkan secara fisik dan menghubungkan data dengan peripheral . SCSI sering digunakan pada harddisk dan CD drive.


Sumber : Wikipedia
5. Infrared
Jawaban : 
  • Infrared adalah sinar elektromagnet yang panjang gelombangnya lebih daripada cahaya nampak tetapi lebih pendek daripada gelombang radio. jangkauan Infrared antara 700 nm hingga 1 mm . teknologi penghubung ini mulai tergantikan oleh bluetooth yang jangkaun dan kecepatan transfer datanya lebih baik dibanding infrared. 


Sumber : Wikipedia
6. Port Serial
Jawaban : 
  • Port Serial adalah port fisik interface yang dimana proses transfer informasi baik itu masuk dan keluar dalam satu waktu atau bersamaan. port serial memiliki 9 pin, port serial masih digunakan dalam peralatan jaringan untuk router dan switch .


Sumber : Wikipedia
7. Port HDMI
Jawaban : 
  • Port HDMI (High Definiton Multimedia Interface) adalah sebuah kabel HD untuk menghubungkan beberapa peralatan elektronik mulai dari home entertainment sampai komputer tetapi bedanya HDMI bisa menggantikan fungsi beberapa kabel sekaligus. kecapatan transfer port HDMI ini hingga 10.2 Gbps. konektor HDMI mempunyai 2 tipe yaitu Tipe A yang mempunyai 19 pin dan Tipe B yang mempunyai 29 pin yang dirancang untuk mendukung resolusi yang lebih tinggi dari 1080p .
Sumber : Wikipedia
8. 1394
Jawaban : 
  • 1394 atau IEEE-1394 adalah sebuah standar atau spesifikasi input output yang dikembangkan Apple untuk menghubungkan perangkat digital seperti komputer ke perangkat lainnya seperti kamera, jaringan dll. IEEE-1394 ini diproyeksikan mempunyai kecepatan tinggi hingga 400 mbps
Sumber : Wikipedia



VI. Apa yang anda pahami tentang teknologi slot Expansion:

1. VGA Card
        Jawaban :

VGA Card (Video Graphic Array Card) adalah sebuah card yang berfungsi untuk menampilkan output proses ke monitor dan mempunyai tanggung jawab menentukan sebuah tampilan grafis atau video dengan kualitas yang baik. VGA card ini adalah sebuah peripheral tambahan yang terpisah dari mainboard. ada juga yang sudah menyatu dengan mainboard (onboard). VGA card tambahan memiliki kualitas yang lebih baik daripada yang onboard (ini berlaku pada PC bukan laptop) karena VGA card tambahan mempunyai banyak varian dan canggih. salah satu produsen yang terkenal membuat VGA card adalah NVIDIA.


2. Sound Card

        Jawaban :



  • Sound Card adalah hardware yang berfungsi untuk memproses suara dang mengeluarkannya melalui device yang disebut dengan speaker. Sound card dihubungkan dengan slot ISA atau PCI pada motherboard yang memungkinkan komputer memasukkan (input), proses dan menghantarkan (output) data berupa suara.


3. LAN Card

        Jawaban :



  • LAN card atau Local Area network Card adalah hardware yang berfungsi sebagai konektor antar komputer dalam ruang lingkup local area network. dengan LAN card ini memungkinkan komputer 1 dengan komputer lainnya bisa bertukar data, memanipulasi ataupun mengakses data. bahkan dapat digunakan untuk share printer dalam sebuah local area. contohnya dalam 1 kantor hanya punya 1 printer, tetapi user komputernya banyak. dengan LAN ini adalah solusinya.  







4. Multimedia Card

        Jawaban :


  • Multimedia Card atau MMC adalah sebuah penyimpanan data yang umumnya digunakan pada handphone seluler, kamera digital dan MP3 Player. kecepatan transfer paling tinggi 4 - 8 bit dalam satu waktu, kapasitas terbesar yang tersedia hingga 128 GB. MMC sendiri mulai tergantikan oleh SD card .  

Sumber : Wikipedia


5. TV Card

        Jawaban :



  • TV Card atau lebih terkenal dengan sebutan TV Tunner adalah sebuah perangkat komputer yang berfungsi menangkap sinyal televisi, dengan alat ini anda dapat menonton televisi pada layar monito komputer ataupun laptop. pada perkembangannya TV Tunner bukan hanya untuk menangkap sinyal televisi tetapi juga dapat berfungsi sebagai perekam siaran telivisi dan menyimpannya ke harddisk.

Sumber : Wikipedia




6. FM Card








Jawaban :


  • FM Card atau Frecuency Modulation mempunyai fungsi hampir sama dengan TV card tetapi FM card memungkinkan komputer kita menangkap sinyal atau frekuensi radio . jadi kita dapat mendengarkan siaran radio di komputer kita sendiri.

Sumber : Wikipedia


7. Game Card








Jawaban :



  • Game Card adalah suatu penyimpanan data game yang dikomersilkan, sama halnya dengan ATM, vouucher pulsa dll. biasanya Game Card ini dibuat agar gamers dapat membeli item premium dalam game yang dimainkannya. 









8. Modem Card
Modem Card adalah sebuah hardware yang berfungsi menghubungkan komputer ke jaringan internet. tetapi untuk saat ini dikomputer jarang digunakan biasanya kita dapat mengakses internet melalui LAN card, nah kabel utp nya ini dihubungkan dengan modem penyedia internet seperti telkom speedy .

{ 3 comments... read them below or Comment }

Pages

About us

Total Pageviews

Search

Popular Post

Blogger templates

Powered by Blogger.

- Copyright © Catatan Ngampus -