Posted by : Unknown Monday, December 23, 2013




kali ini saya akan menjelaskan jenis jenis Topologi Jaringan, sebelum kita membahas jenis jenisnya alangkah baiknya kita mengetahui apa itu Topologi Jaringan. Topologi jaringan adalah sebuah pola interkoneksi dari beberapa terminal komputer. Topologi jaringan merupakan representasi geometri dari hubungan antar perangkat satu dengan lainnya

 
Topologi Bus 
Topologi Bus atau disebut topologi backbone adalah topologi jaringan yang membentangkan jalur data (menggunakan kabel coaxial) yang memanjang dengan kedua ujungnya ditutup dengan terminator 50 ohm . Dimana disetiap kabelnya terdapat sentral-sentral yang terhubung menggunakan T-connector. Kelemahan topologi bus yaitu jika jalur data yang membentang putus maka seluruh jaringan menjadi terhenti dan sentral tidak bisa saling berkomunikasi.

Topologi Star (Bintang) 
Topologi ini disebut topologi star karena model jaringannya menyerupai bentuk bintang. Salah satu sentral dibuat sebagai sentral pusat (hub, switch). Sistem ini mempunyai tingkatan kerumitan jaringan yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan sistem mesh, sehingga sistem menjadi terlihat ekonomis, tetapi beban yang dipikul sentral pusat cukup berat. Dengan begitu, sentral pusat mempunyai kemungkinan gangguan atau kerusakan lebih besar.

Topologi Ring (Cincin) 
untuk membangun jaringan topologi ini setiap sentral harus dihubungkan seri satu dengan lain dan hubungan ini akan memberntuk loop tertutup. Kelebihan dari topologi ini adalah data yang dikirimkan dari sentral tidak akan bertabrakan dan juga akan menghemat jalur data(kabel). Kelemahan topologi ini yakni jika satu sentral mengalami gangguan maka seluruh sentral yang lain menjadi tidak berfungsi.

Topologi Tree (Pohon)
Topologi Tree disebut juga topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan susunan tingkatan yang berbeda. Susunan tingkatan yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah. Semakin keatas, susunan tingkatan semakin tinggi. Kelemahan topologi ini yaitu jika simpulan susunan tingkatan sentralnya bermasalah maka kelompok sentral yang mengikutinya akan menjadi tidak efektif. Topologi jenis ini cocok untuk digunakan pada sistem jaringan komputer.

Topologi Mesh
Topologi Mesh adalah gambaran hubungan langsung sentral satu dengan sentral yang lainnya. Pada saat pembuatannya tanpa ada perencanaan awal sehingga topologi ini tidak beraturan, juga memerlukan jalur data (kabel) yang sangat banyak dan tidak memiliki aturan dalam koneksinya. Sistem yang digunakan yaitu dedicated link, jadi setiap sentral berkomunikasi langsung kepada sentral yang dituju.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Pages

About us

Total Pageviews

Search

Popular Post

Blogger templates

Powered by Blogger.

- Copyright © Catatan Ngampus -