Posted by : Unknown Wednesday, January 15, 2014


Seminar yang dilaksanakan pada hari Sabtu Tanggal 30 November 2013 ini bertemakan "Introduction, Manufacture and Usage of Cloud Computing". seminar ini bertempat di STMIK Kharisma Karawang, dengan pembicara bukan orang sembarangan yaitu pakar IT Indonesia Bapak Onno Widodo Purbo dan juga Bapak Gita Surya Wijaya beliau adalah Experienced Marketing & IT Professional.


Pak Gita Surya Wijaya 

Pada seminar ini Pak Gita surya Wijaya menjadi pemateri pertama dengan menjelaskan gambaran besar tentang apa sih itu Cloud Computing ? sedikit yang saya tangkap adalah Cloud Computing itu layanan teknologi Informasi yang bisa dimanfaatkan dan diakses oleh penggunanya melalui jaringan internet.
Pak Gita dalam penyampaian materinya beberapa kali menekankan kepada kita agar tidak lagi berpandangan jika membeli sebuah Smartphone, laptop, komputer, tablet tidak lagi memikirkan "ah kapasitas memorinya harus besar, harddisk nya harus 1 Tera" hal itu dimasa yang akan datang akan memalukan, karena di masa yang akan datang semuanya akan berbasis teknologi "Cloud".
Pak Gita juga menyayangkan Kecepatan Internet di negeri ini yang membuat teknologi sebagus Cloud ini tidak bisa berjalan secara optimal, karena kita tahu sendiri internet di indonesia berslogan "Love lelet" :p
selain itu Pak gita juga memberi tips agar kita jangan takut menyimpan file kita di dalam Cloud karena jangan terlalu lebay, kita ini bukan orang yang terlalu penting yang akan di hack dan disadap seperti presiden yang disadap oleh Australia, kita sebagai orang sipil biasa nikmatilah Teknologi Cloud ini sebagai kemudahan kita menjalani kehidupan yang serba Gadget ini. Pak gita juga memberi beberapa Website untuk anda yang Hobby mencari Crack APK untuk android diantaranya adalah : AppBrain, Blackmart Alpha, Pdssi, Amazon, Slideme, Blapkmarket.


Pak Onno Widodo Purbo

Pada Seminar ini pak Onno mendapat giliran sebagai pemateri kedua, pak onno sendiri menjelaskan tentang server sebagai penyimpanan data data yang kita unggah di cloud, Pak Onno sengaja membawa komputer Server dan perangkat lainnya ke STMIK Kharisma tetapi karena kurangnya persiapan dari panitia, server itu malah disimpan dibawah, padahal pa Onno meminta agar disimpan diatas agar para peserta dapat melihatnya. atas dasar itu penjelasan Server pun agak terkendala dan durasi penyampaian Server menjadi sebentar. Pak Onno memperagakan pembuatan server cloud 
ini menggunakan Rainer Server dengan spesifikasi sebagai berikut:
1. 2x INTEL XEON 8 CORES E5-2450/ 2.10GHZ / 20MB / LGA 1356
2. 2x 8GB VISIPRO DIMM DDR3 1600MHz ECC REG 18IC
3. SEAGATE CONSTELLATION ES 1TB/SATA III/3.5inch / 7200RPM
4. Intel Server Board DBS2400SC2

kemudian Pak Onno agak Out Of Topic, beliau menjelaskan cara instalasi server di linux, dan membuat sebuah website "wordpress" untuk domain Kharisma.
Pak Onno memberikan Tips bahwa Server adalah bukan teknologi tinggi, dan beroperasi 24x7, untuk membuat server harus diperhatikan kebutuhannya agar tidak bengkak dalam hal biaya dan lain lain.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Pages

About us

Total Pageviews

Search

Popular Post

Blogger templates

Powered by Blogger.

- Copyright © Catatan Ngampus -